Resume dan CV, Apa Bedanya?

Perbedaan utama antara resume dan curriculum vitae adalah panjang, apa yang disertakan, dan apa yang digunakan masing-masing. Keduanya digunakan dalam aplikasi kerja. Namun  keduanya tidak selalu bisa dipertukarkan. Buat kamu yang baru lulus dan masuk dunia kerja, apa yang seharusnya kamu tulis?

Apa itu Curriculum Vitae?

Seperti resume, curriculum vitae memberikan ringkasan pengalaman dan keterampilan seseorang. Biasanya, CV lebih panjang daripada resume – setidaknya dua atau tiga halaman.

Riwayat hidup mencakup informasi tentang latar belakang akademis seseorang, termasuk pengalaman mengajar, gelar, penelitian, penghargaan, publikasi, presentasi, dan prestasi lainnya. Riwayat di dalam CV jauh lebih lama daripada resume, dan mencakup lebih banyak informasi, terutama yang berkaitan dengan latar belakang akademis.

Ringkasan curriculum vitae adalah versi satu-ke-dua halaman yang dipadatkan dari curriculum vitae yang lengkap. Ringkasan CV adalah cara untuk secara cepat dan ringkas menyampaikan keterampilan dan kualifikasi seseorang. Terkadang organisasi besar akan meminta ringkasan CV satu halaman saat mereka mengharapkan sejumlah besar pelamar.

Apa itu Resume?

Sebuah resume memberikan ringkasan pendidikan, riwayat kerja, kredensial, dan prestasi dan keterampilan lainnya. Ada juga bagian opsional, termasuk rencana dan ringkasan karir. Resume adalah dokumen yang paling umum yang diminta pemohon dalam lamaran kerja.

Sebuah resume harus sesingkat mungkin.

Biasanya, resume adalah satu halaman panjangnya, meski terkadang bisa  dua halaman. Seringkali beberapa bagian  ditampilkan dalam bentuk pointers untuk menjaga informasi tetap ringkas.

Resume datang dalam beberapa jenis, termasuk format kronologis, fungsional, dan kombinasi. Pilih format yang paling sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Kapan Dipakai

CV digunakan hampir secara eksklusif di negara-negara di luar Amerika Serikat. Di Eropa, Timur Tengah, Afrika, atau Asia, pengusaha mungkin mengharapkan untuk menerima curriculum vitae.

Di Amerika Serikat, orang-orang di bidang akademis dan kedokteran cenderung menggunakan CV.

Oleh karena itu riwayat hidup digunakan terutama saat melamar posisi internasional, akademis, pendidikan, ilmiah, medis atau penelitian atau saat mengajukan beasiswa atau hibah.

Mengingat umumnya kamu yang baru lulus belum punya pengalaman banyak, yang perlu kamu sertakan dalam lamaran cukuplah resume.